Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Herlina (2022) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1802025222_Herlina.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1802025222_Herlina.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dengan membandingkan tentang ada atau tidaknya perbedaan harga saham yang signifikan antara sebelum dan selama Pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia, dengan pula mengamati lebih dalam mengenai beberapa faktor-faktor yang di duga dapat mempengaruhinya. Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya yakni pengaruh Net Profit Margin (NPM), Current Ratio (CR), Earning Per Share (EPS), dan Nilai Tukar Rupiah (Kurs) terhadap harga saham perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode kuartal 2 tahun 2018 – kuartal 3 tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan ragam komparatif dan korelasional, dimana sampel yang diambil adalah berdasar pada pola purposive sampling yaitu sebanyak 7 (tujuh) perusahaan farmasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis manajemen keuangan, analisis statistik deskriptif, uji beda dua rata-rata, uji asumsi klasik, hingga rumpun dalam analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 28. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Harga Saham perusahaan farmasi sebelum dan selama terjadinya Pandemi Covid-19, dan secara parsial variabel Net Profit Margin (NPM), tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, Current Ratio (CR) berpengaruh secara negatif signifikan terhadap Harga Saham, Earnings Per Share (EPS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham dan Nilai Tukar Rupiah (Kurs) tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Sedangkan secara simultan variabel Net Profit Margin (NPM), Current Ratio (CR), Earnings Per Share (EPS) dan Nilai Tukar Rupiah (Kurs) berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 04 Apr 2023 07:01
Last Modified: 04 Apr 2023 07:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23241

Actions (login required)

View Item View Item