Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur

Suryanti, Anis (2022) Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1802025195_Anis Suryanti.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1802025195_Anis Suryanti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2016-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Variabel yang diteliti adalah variabel independen terdiri dari corporate social responsibility (X1) yang diukur menggunakan indeks GRI G4, ukuran perusahaan (X2) yang diukur menggunakan logaritma natural dari total aset, leverage (X3) yang diukur menggunakan Debt to Equity Ratio (DER) dengan variabel dependen terdapat kinerja keuangan (Y) yang diukur menggunakan Return on Asset (ROA). Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang diambil dari Bursa Efek Indonesia dan situs resmi perusahaan. Metode yang digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini ialah regresi berganda dengan software SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel corporate social responsibility (CSR) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan, ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan, leverage tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan. Sedangkan corporate social responsibility, Ukuran perusahaan, dan Leverage berpengaruh secara simultan terhadap kinerja keuangan. Oleh karena itu, disarankan untuk perusahaan agar mempublikasikan laporan tahunan dan laporan keberlanjutan sesuai dengan standar internasional yang berlaku. Selanjutnya untuk investor sebaiknya lebih selektif dalam menanamkan modalnya, tidak hanya menganalisis laporan keuangan saja tetapi perlu memperhatikan faktor-faktor lain seperti corporate social responsibility agar terhindar dari kerugian dalam berinvestasi serta untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambahkan jumlah sampel perusahaan yang akan diteliti, menambahkan periode penelitiannya, dan menambahkan variabel yang akan digunakan sehingga hasil yang diperoleh lebih baik dan lebih memperkuat hasil dari peneliti-peneliti sebelumnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 04 Apr 2023 06:11
Last Modified: 04 Apr 2023 06:11
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23231

Actions (login required)

View Item View Item