Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020

Amirah, Faizah (2022) Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1802025186_Faizah amirah.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1802025186_Faizah amirah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah profitabilitas dan ukuran perusahaan sebagai variabel independen dan nilai perusahaan sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 data yang terdiri dari 11 (sebelas) perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020 dan menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan pengolahan data menggunakan SPSS 24 dan menghasilkan persamaan regresi Y = -128,049 + 6,300 X1 + 24,145 X2. Hasil pengujian menunjukan bahwa profitabilitas secara parsial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dilihat pada nilai Adjusted R Square (Adjusted R2) sebesar 0,893 atau 89,3% yang artinya 89,3% variabel nilai perusahaan dijelaksan oleh profitabilitas dan ukuran perusahaan. Sedangkan sisanya 10,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan beberapa saran bagi peneliti selanjutnya yaitu diharpkan untuk menambah variabel lain yang berkaittan erat secara teori terhadap kapitalisasi pasar agar memperoleh hasil yang dapat menggambarkan hal-hal apa saja yang dapat berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:42
Last Modified: 04 Apr 2023 03:42
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23210

Actions (login required)

View Item View Item