Pengaruh Literasi Keuangan, Pemanfaatan Financial Technology, dan Teknologi Informasi pada Perkembangan UMKM di Kota Bekasi

Ariyanto, Rendi (2022) Pengaruh Literasi Keuangan, Pemanfaatan Financial Technology, dan Teknologi Informasi pada Perkembangan UMKM di Kota Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1802025127_Rendi Ariyanto.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1802025127_Rendi Ariyanto.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan literasi keuangan, finansial teknologi, dan teknologi informasi pada perkembangan UMKM di Kota Bekasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode asosiatif, dimana hubungan kausal terdapat pada variabel bebas dan variabel terikat dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan yaitu literasi keuangan, financial technology, dan teknologi informasi sebagai variabel independen dan variabel perkembangan UMKM sebagai variabel dependen. Subjek dalam penelitian ini adalah para pelaku UMKM di Kota Bekasi. Teknik penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus lemeshow sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 96 sampel, pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan positif dan signifikan dari literasi keuangan dan teknologi informasi pada perkembangan UMKM namun pada financial technology pengaruhnya adalah positif namun tidak signifikan pada perkembanagn UMKM.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:05
Last Modified: 04 Apr 2023 02:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23191

Actions (login required)

View Item View Item