Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Deriyansah, Rian dan Pramudiani, Puri (2022) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8 (2). pp. 634-640. ISSN 2548-6756

[thumbnail of 1559] Text
1559

Download (1kB)
Official URL: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/art...

Abstract

Latar belakang pendidikan orang tua menjadi tolak ukur keberhasilan siswa disekolah, semakin tinggi pendidikan orang tua maka keberhasilan siswa juga akan semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Nurul Huda Kapuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian survey. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis sampel jenuh. Peneliti memperoleh sampel yang diambil adalah kelas IV-A sebanyak 33 peserta didik. Uji validitas menggunakan rumus product moment. Pada soal kuesioner terdapat 25 soal valid dari 30 soal yang telah diujikan. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach dan diperoleh ri > rtabel (0,928 > 0,396), sehingga instrumen dikatakan reliabel. Penelitian ini tidak mengunakan uji prasyarat analisis karena data yang diperoleh berbentuk nominal dan analisis katagorisasi, sehingga perhitungan data termasuk menggunakan statistika nonparametris dengan Uji Chi-Kuadrat. Uji hipotesis menggunakan uji chi-kuadrat dan didapatkan nilai X2hitung < X2tabel (1,273 < 5,991), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Nurul Huda Kapuk.

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Puri Pramudiani
Date Deposited: 02 Apr 2023 14:01
Last Modified: 02 Apr 2023 14:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22930

Actions (login required)

View Item View Item