Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2015-2019

Nurul Khasanah, Afifah (2021) Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2015-2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1702025264_Afifah Nurul Khasanah.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1702025264_Afifah Nurul Khasanah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur sub sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2015-2019. Modal Kerja diukur dengan WCT, Ukuran Perusahaan diukur dengan Ln TotalAsset, Leverage diukur dengan DAR dan Profitabilitas diukur dengan ROA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpose sampling. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang diunduh dari website Bursa Efek Indonesia dan website masing-masing perusahaan. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS versi 25 yaitu dengan menggunakan analisa statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Modal Kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Profitabilitas, variabel Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas dan variabel Leverage berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Profitabilitas. Secara simultan variabel Modal Kerja, Ukuran Perusahaan dan Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:29
Last Modified: 31 Mar 2023 07:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22800

Actions (login required)

View Item View Item