Pengaruh Komunikasi dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus pada Divisi Loom PT. Universal Carpet and Rugs)

Dwie Rahmawati Sofyan, Yuliani (2022) Pengaruh Komunikasi dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus pada Divisi Loom PT. Universal Carpet and Rugs). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1702025224_YULIANI DWIE RAHMAWATI SOFYAN.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1702025224_YULIANI DWIE RAHMAWATI SOFYAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada hakikatnya komunikasi berhubungan langsung dengan produktivitas kerja karyawan, apabila komunikasi yang berjalan kurang baik maka karyawan tidak dapat bekerja dalam menghasilkan produk yang sesuai standar perusahaan. Selain itu lingkungan kerja pula berhubungan dengan erat dengan karyawan dalam melakukan pekerjaannya, sehingga memberikan pengaruh terhadap produktivitas apabila karyawan merasa kurang nyaman dengan lingkungan kerja sekitarnya.Untuk mengetahui bagaimana komunikasi, lingkungan kerja dan produktivitas kerja karyawan pada PT. Universal Carpet and Rugs. Serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi terhadap produktivitas kerja karyawan, pengaruh lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan, serta pengaruh komunikasi dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Universal Carpet and Rugs. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif ini dilakukan di PT. Universal Carpet and Rugs pada bulan Maret – Mei 2021. Populasi dalam penelitin ini sebanyak 107 karyawan, lalu menggunakan slovin sehingga sample yang digunakan sebanyak 85 karyawan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey yaitu menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Kemudian data diolah dengan perhitungan komputasi SPSS versi 16.0 dan analisis menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi dan determinasi (R2). Hasil menunjakan bahwa: 1) nilai rata-rata persepsi karyawan terhadap kompetensi adalah sebesar 82,88%; 2) nilai rata-rata persepsi karyawan terhadap lingkungan kerja adalah sebesar 82,56%; 3) nilai rata-rata persepsi karyawn terhadap produktivitas kerja karyawan adalah sebesar 78,75%; 4) secara parsial, komunikasi tidak berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan Sig. 0,211 dan koefisien korelasi sebesar 0,318; lingkungan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan dengan nilai Sig. 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,480; 5) terdapat pengaruh antara komunikasi dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan dengan nilai Sig. 0,000 dan R Square sebesar 0,290 (29%). Pada PT. Universal Carpet and Rugs, komunikasi dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan dinyatakan baik. Secara parsial komunikasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dan memiliki tingkat hubungan yang renda, sedangkan lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja dan memiliki tingkat hubungan yang sangat rendah. Secara simultan, komunikasi dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dan memiliki tingkat hubungan yang rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:37
Last Modified: 31 Mar 2023 06:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22794

Actions (login required)

View Item View Item