Pengaruh Rasio Kecukupan Modal, Efisiensi, Ukuran Perusahaan terhadap Kredit Bermasalah pada Bank Konvensional di Indonesia

Refangga, Dandi (2022) Pengaruh Rasio Kecukupan Modal, Efisiensi, Ukuran Perusahaan terhadap Kredit Bermasalah pada Bank Konvensional di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1702025117_DANDI REFANGGA.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1702025117_DANDI REFANGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Rasio Kecukupan Modal yang di proksikan dengan Capital Adequacy Ratio (CAR), Efisiensi yang di proksikan dengan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Ukuran Perusahaan terhadap Kredit Bermasalah yang diproksikan dengan Non Performing Loan (NPL) pada bank konvensional di Indonesia (Studi Pada Bank Umum Konvensional Di Indonesia Secara Kuartal Tahun 2015-2020). Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif yaitu analisis regresi linier berganda, analisis statistik deskriptif beserta uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Selain itu terdapat pengujian hipotesis yang terdiri dari uji parsial T dan uji simultan F serta terdapat pengujian koefisien determinasi (R2) Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Non Performing Loan (NPL) dan Ukuran Perusahan tidak berpengaruh terhadap Non Performing Loan (NPL). Kelemahan dalam penelitian ini adalah jumlah variabel yang terbatas. Kelebihan dalam penelitian ini adalah penelitian yang diteliti terbarukan, jangka waktu sampel yang panjang dan berdasarkan fenomena terbaru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:13
Last Modified: 31 Mar 2023 02:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22760

Actions (login required)

View Item View Item