Pengaruh Good Corporate Governance dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Barang Konsumsi di Indonesia

Prayuga, Yoga (2021) Pengaruh Good Corporate Governance dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Barang Konsumsi di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1702025113_Yoga Prayuga.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1702025113_Yoga Prayuga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Good Corporate Governance dan Profitabitas terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Barang Konsumsi di Indonesia. Variabel yang diteliti adalah Good Corporate Governance (Dewan Komisaris Independen), Profitabilitas (Return On Equity) dan Nilai Perusahaan (Price to Book Value). Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 54 perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 29 perusahaan. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang diunduh dari www.idx.co.id. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan software Eviews 9 dengan rentang waktu penelitian 2015-2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial (Uji T) Good Corporate Governance tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Secara simultan (Uji F) Good Corporate Governance dan Profitabilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:39
Last Modified: 31 Mar 2023 01:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22754

Actions (login required)

View Item View Item