Pengaruh Quick Ratio (QR), Net Profit Margin (NPM), dan Return On Equity (ROE)terhadap Harga Saham pada Perusahaan Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga di Indonesia

Aulia Marhamah, Ririn (2021) Pengaruh Quick Ratio (QR), Net Profit Margin (NPM), dan Return On Equity (ROE)terhadap Harga Saham pada Perusahaan Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1702025105_ririn aulia marhamah.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1702025105_ririn aulia marhamah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara Quick Ratio (QR), Net Profit Margin (NPM), Return On Equity (ROE), Perusahaan Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga di Indonesia. Variabel yang diteliti adalah “Rasio Likuiditas (Quick Ratio), Rasio Profitabilitas (Net Profit Margin dan Return On Equity) dan harga saham” sebagai objek peubah dan “perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang ada di Indonesia” sebagai objek pengamatan. Data sekunder dikumpulkan di Pusat Referensi Pasar Modal yang terdapat di Bursa Efek Indonesia dan dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa setelah harga saham, quick ratio, net profit margin, dan return on equity dihitung dan dianalisis dengan bantuan program software Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quick Ratio dan Return On Equity berpengaruh negatif terhadap harga saham. Sedangkan Net Profit Margin memiliki pengaruh positif terhadap harga saham. Berdasarkan hasil uji F-statistik menunjukkan bahwa Quick Ratio (QR), Net Profit Margin (NPM), dan Return On Equity (ROE) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020. Oleh karena itu bagi calon investor yang ingin menginvestasikan dana yang dimilikinya pada satu atau lebih perusahaan, sebaiknya perlu mempertimbangkan bagaimana kondisi kinerja keuangan perusahaan tersebut. Perhatikan faktor-faktor apa saja yang mungkin akan memberikan dampak bagi harga saham. Pertimbangan dilakukan agar para investor maupun calon investor tidak salah langkah dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:02
Last Modified: 30 Mar 2023 07:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22711

Actions (login required)

View Item View Item