Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Sebelum Covid-19 dan Masa Covid-19 pada Forum UMKM Kecamatan Cileungsi

Muhammad Fernando, Radya (2022) Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Sebelum Covid-19 dan Masa Covid-19 pada Forum UMKM Kecamatan Cileungsi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1702025076_Radya M Fernando.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1702025076_Radya M Fernando.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Sebelum Covid-19 dan Masa Covid-19 Pada Masyarakat Di Kecamatan Cileungsi. Dalam penelitian ini digunakan metode survei, dengan variabel yang diteliti yaitu Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga sebagai variabel independen dan Minat Berwirausaha sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Forum UMKM Kecamatan Cileungsi sebanyak 241 orang. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan sampel jenuh dengan sampel yang berjumlah 150 orang sebagai responden. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner dan pengukurannya menggunakan skala likert. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan meliputi: Analisis Deskriptif, Uji Kualitas Data (uji validitas dan uji reliabilitas), Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik, Analisis Koefisien Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis. Kemudian data diolah dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi Berwirausaha berpengaruh posistif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. (2) Lingkungan Keluarga berpengaruh posistif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. (3) Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga berpengaruh secara simultan terhadap Minat Berwirausaha.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:44
Last Modified: 30 Mar 2023 06:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22706

Actions (login required)

View Item View Item