Pengaruh Literasi Keuangan dan Toleransi Risiko terhadap Keputusan Investasi Investor di Galeri Investasi Syariah BEI UHAMKA

Santika, Dewi (2021) Pengaruh Literasi Keuangan dan Toleransi Risiko terhadap Keputusan Investasi Investor di Galeri Investasi Syariah BEI UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S02M-21009 Rezita Stefiani.pdf]
Preview
Text
S02M-21009 Rezita Stefiani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan dan Toleransi Risiko terhadap Keputusan Investasi Investor di Galeri Investasi Syariah BEI UHAMKA. Dalam penelitian ini digunakan metode survei, dengan variabel yang diteliti yaitu Literasi Keuangan dan Toleransi Risiko sebagai variabel independent dan Keputusan Investasi sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah investor yang memiliki Rekening Dana Nasabah (RDN) dan berstatus aktif dalam melakukan investasi melalui Galeri Investasi Syariah BEI UHAMKA dengan jumlah sebanyak 100 Investor. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan sampel jenuh dengan sampel yang berjumlah 100 investor sebagai reponden. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner dan pengukurannya menggunakan skala likert. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan meliputi: Uji Kualitas Data (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas), Analisis Statistik Deskriptif, Analisis Regresi Linear Berganda (Uji Asumsi Klasik, Model Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis), Analisis Koefisien Korelasi dan Analisis Koefisien Determinasi. Kemudian data diolah dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan investasi, (2) Toleransi Risiko berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Investasi,. (3) Literasi Keuangan dan Tolransi Risiko berpengaruh secara Bersama-sama terhadap Keputusan Investasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:41
Last Modified: 29 Mar 2023 02:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22596

Actions (login required)

View Item View Item