Pengaruh Current Ratio dan Ukuran Perusahaan terhadap Return On Asset (ROA) pada Perusahaan Subsektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Fahira Ardhiawan, Khansa (2021) Pengaruh Current Ratio dan Ukuran Perusahaan terhadap Return On Asset (ROA) pada Perusahaan Subsektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S02M-21065 Khansa Fahira Ardhiawan.pdf]
Preview
Text
S02M-21065 Khansa Fahira Ardhiawan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio lancar dan ukuran perusahaan terhadap ROA pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode eksplanasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak di industri perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui publikasi laporan keuangan tahunan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan signifikansi 5% (a= 0,05). Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel CR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA. Variabel ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa variabel CR dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:28
Last Modified: 28 Mar 2023 03:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22548

Actions (login required)

View Item View Item