Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Turnover Intention Karyawan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Amanah Ummah Kabupaten Bogor

Fitria Widiyanti, Ossi (2021) Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Turnover Intention Karyawan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Amanah Ummah Kabupaten Bogor. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S02M-21053 OSSI FITRIA WIDIYANTI.pdf]
Preview
Text
S02M-21053 OSSI FITRIA WIDIYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingkat turnover karyawan yang tinggi akan menimbulkan dampak negatif bagi organisasi, hal ini menciptakan ketidakstabilan dan ketidakpastian terhadap kondisi tenaga kerja dan peningkatan biaya sumber daya manusia, juga mengakibatkan organisasi tidak efektif karena organisasi kehilangan karyawan yang berpengalaman dan perlu melatih kembali karyawan baru. Banyak faktor yang mempengaruhi turnover intention karyawan, diantaranya adalah kepuasan kerja dan komitmen organisasi yang tinggi dari karyawan dapat menurunkan turnover intention. Keinginan untuk meninggalkan suatu organisasi didahului oleh niat karyawan yang dipicu antara lain oleh ketidakpuasan karyawan terhadap pekerjaan dan tidak adanya komitmen karyawan terhadap organisasi. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti merasa perlu untuk mengembangkan penelitian-penelitian sebelumya, sehingga peneliti mengambil tiga variabel yaitu kepuasan kerja, komitmen organisasi dan turnover intention dengan menggunakan 27 kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang menggunakan skala Likert 4 poin untuk mengukur 27 item pernyataan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan alat uji statistik SPSS. Hasil pengujian menunjukkan kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap turnover intention dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap turnover intention. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa secara simultan kedua variabel bebas, yaitu Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat, yaitu Turnover Intention.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 28 Mar 2023 01:44
Last Modified: 28 Mar 2023 01:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22536

Actions (login required)

View Item View Item