Pengaruh Diversifikasi Pendapatan, Risiko Kredit dan Ukuran Bank terhadap Profitabilitas pada Sektor Jasa Keuangan Sub Sektor Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di Buku 4

Khoerunisa, Siti (2021) Pengaruh Diversifikasi Pendapatan, Risiko Kredit dan Ukuran Bank terhadap Profitabilitas pada Sektor Jasa Keuangan Sub Sektor Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di Buku 4. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S02M-21044 Siti khoerunisa.pdf]
Preview
Text
S02M-21044 Siti khoerunisa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara diversifikasi pendapatan, risiko kredit dan ukuran bank terhadap profitabilitas. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Diversifikasi Pendapatan, Risiko Kredit dan Ukuran bank sebagai objek paubah dan Profitabilitas sebagai objek pengamatan. Populasi yang digunakan dalam penelitan ini berjumlah 7 (tujuh) bank dan sampel yang digunakan berjumlah 6 (enam) bank. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria bank umum konvensional yang terdaftar di BUKU 4 periode 2015-2019. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa diversifikasi pendapatan berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap Net Interest Margin. Hal ini dikarenakan bank dengan diversifikasi pendapatan akan menggeser pendapatan mereka ke pendapatan non bunga, sehingga pendapatan bunga akan berkurang. Variabel risiko kredit tidak berpengaruh terhadap Net Interest Margin. Hasil ini dikarenakan rata-rata nilai NPL kelompok Bank Konvensional BUKU 4 periode 2015-2019 sebesar 0,94% yang berarti bahwa bank berada dalam kondisi yang sehat. Variabel ukuran bank memiliki pengaruh positif terhadap Net Interest Margin, bank dengan ukuran lebih besar cenderung akan memiliki keunggulan daripada bank dengan ukuran yang kecil, seperti dapat melakukan diversifikasi produk yang beragam, sehingga pendapatan bunga bank tersebut akan meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 21 Mar 2023 07:16
Last Modified: 21 Mar 2023 07:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22518

Actions (login required)

View Item View Item