Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Nasabah PT. Bank BRI Syariah Kebon Jeruk Jakarta Barat

Fakih, Ahmad (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Nasabah PT. Bank BRI Syariah Kebon Jeruk Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S02M-21011 Ahmad Fakih.pdf]
Preview
Text
S02M-21011 Ahmad Fakih.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan : Studi kasus pada Nasabah PT.Bank BRI Syariah Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Variabel yang diteliti adalah kualitas pelayanan dan kepuasan sebagai variabel bebas dan loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat pada Nasabah PT.Bank BRI Syariah Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Populasi penelitian ini adalah Nasabah PT.Bank BRI Syariah Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Data penelitian ini bersifat primer yang dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner dengan jumlah sampel 109 responden. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 23.0. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Berdasarkan analisis regresi linier berganda didapatkan hasil Y = 6,293 + 0,458 X1 + 0,182 X2, hasil uji f menunjukkan nilai f hitung lebih besar dari pada nilai f tabel 28.543 > F tabel sebesar 3,08. Selain itu, hasil dari nilai sig sebesar 0,000 < 0,05, maka tolak H0 terima H3 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan menunjukkan angka R square sebesar 0,338 atau 33,8% sedangkan sisanya (100% - 33,8% = 66,2%) dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti, diantaranya adalah harga, desain produk, promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada nasabah PT.Bank BRI Syariah Kebon Jeruk, Jakarta barat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:20
Last Modified: 17 Mar 2023 02:20
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22474

Actions (login required)

View Item View Item