Pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Financial Distress pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen di Indonesia

Safira, Sarah (2020) Pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Financial Distress pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S02M-21008 Sarah Safira.pdf]
Preview
Text
S02M-21008 Sarah Safira.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi dan nilai tukar terhadap Financial Distress pada perusahaan manuaktur sub sektor otomotif dan komponen di Indonesia.
Variabel yang diteliti merupakan “Inflasi, nilai tukar dan Financial Distress” sebagai objek peubah dan “perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen di Indonesia” sebagai objek pengamatan. Data yang digunakan merupakan Data sekunder yang dihimpun dari idx.com dan dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya. Jumlah sampel sebanyak 9 perusahaan dari 60 populasi perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen di Indonesia tahun 2015-2019. Sampel dipilih dengan menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inflasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress. Kemudian bahwa Kurs atau nilai tukar dollar terhadap rupiah secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress. uji F tidak mempunyai pengaruh yang signifikan antara Inflasi, Kurs secara simultan terhadap Financial Distress. Hal ini terjadi karena inflasi dan nilai tukar pada periode penelitian relatif stabil dan juga tidak ada spike (kenaikan atau penurunan) inflasi dan kurs yang signifikan dalam kurun waktu yang diteliti, tidak mempengaruhi belanja dari impor sehingga produsen tidak berminat untuk menaikan harga jual produk dan tidak terjadi penurunan tingkat penjualan sehingga dapat dikatakan inflasi dan nilai tukar tidak mempengaruhi tingkat kebangkrutan perusahaan pada periode tersebut. Oleh sebab itu , disarankan untuk para calon investor yang ingin menginvestasikan dananya pada satu atau lebih perusahaan sebelum mengambil keputusan berinvestasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:02
Last Modified: 17 Mar 2023 02:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22471

Actions (login required)

View Item View Item