Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Tentang Riba, dan Financial Behavior terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah di Indonesia

Syafiq Ziyaadatusysyakur, Ahmad (2021) Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Tentang Riba, dan Financial Behavior terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKONOMI ISLAM_1702055072_AHMAD SYAFIQ ZIYAADATUSYS.pdf]
Preview
Text
FEB_EKONOMI ISLAM_1702055072_AHMAD SYAFIQ ZIYAADATUSYS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku masyarakat dalam penggunaan riba bukan tanpa sebab, adanya unsur pengetahuan seseorang yang dapat mempengaruhi masyarakat yang dapat meningkatkan daya tarik pada masyarakat untuk menggunakan riba. Pada dasarnya pengetahuan adalah sumber utama pada manusia yang dapat merubah perilaku seseorang karena mengetahui apa yang sebelumnya belum diketahui. Seseorang mendapatkan pengetahuan karena adanya perilaku seperti aktivitas sosial di kehidupan sehari-hari yang dapat bertambahnya pengetahuan seseorang. Hal ini dapat kita lihat dari sebagian aktifitas ekonomi di masyarakat masih menggunakan riba. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan pengaruh literasi keuangan, pengetahuan riba dan financial behaviour terhadap minat menjadi nasabah bank syariah di indonesia dengan mengambil sampel di wilayah DKI Jakarta dan Depok.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dilakukan dengan mengambil sampel 250 responden dari masyarakat wilayah DKI Jakarta dan Depok baik yang sudah menjadi nasabah maupun yang belum menjadi nasabah bank syariah. Metode penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan alat uji analisis yang digunakan ialah SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan (X1) dan pengetahuan riba (X2) sangat berpengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah di indonesia (Y), tetapi tidak untuk variabel financial behaviour (X3) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah di indonesia (Y).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:04
Last Modified: 16 Mar 2023 07:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22454

Actions (login required)

View Item View Item