Pengaruh Edukasi, Sosialisasi, dan Himbauan terhadap Kepatuhan Wajib dalam Melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar pada Kantor KPP Pratama Maluku)

Apritasari Suad, Herny (2021) Pengaruh Edukasi, Sosialisasi, dan Himbauan terhadap Kepatuhan Wajib dalam Melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar pada Kantor KPP Pratama Maluku). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of 3. FEB_AKT_1602015038_HERNY APRITASARI SUAD.pdf]
Preview
Text
3. FEB_AKT_1602015038_HERNY APRITASARI SUAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi, sosialisasi dan himbauan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaporkan SPT tahunan pajak pnghasilan.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Explanatory Research merupakan penelitian yang menjelasakan tentang hubungan antara variabel-variabel X dan Y eksplanasi, yaitu metode untuk menjelaskan pengaruh antara variabel bebas. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Ambon. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi pustaka, riset internet, dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Edukasi Perpajakan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Hasil ini dibuktikan dengan nilai signifikan 0.000 (lebih kecil dari 0.05) dan nilai thitung sebesar 5.976 sehingga hipotesis alternatif pertama diterima. Variabel Sosialisasi Perpajakan tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Hasil ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikan 0.164 (lebih besar dari 0.05) dan nilai thitung sebesar 1.401 sehingga hipotesis alternatif kedua ditolak. Variabel Sosialisasi Perpajakan tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Hasil ini dibuktikan dengan niai signifikan 0.000 (lebih kecil dari 0.05) dan nilai thitung sebesar 4.502 sehingga hipotesis alternatif ketiga diterima. Hasil uji ketetapan model dilakukan dengan menggunakan uji F, hasil signifikansi Fhitung memiliki nilai 103.133 dengan nilai signifikansi 0.000. nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah sebesar 0.358. Hal ini berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel-variabel dependen adalah sebesar 35,8%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel independen lain di luar model.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 14 Mar 2023 06:41
Last Modified: 14 Mar 2023 06:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22363

Actions (login required)

View Item View Item