Kavila, Nina dan Nurhasnah, Nurhasnah dan Rusdi, Numlil Khaira (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TE RHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI RSBT PANGKALPINANG ERA PANDEMI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Preview |
Text
FS03-220298.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada saat pandemi COVID-19 Virus ini telah menyebar ke berbagai negara
bahkan sudah mendunia. Dalam melakukan pelayanan kefarmasian, Rumah sakit
harus menjaga kualitas pelayanan yang diberikan karna hal tersebut sangat
berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Indikator kualitas pelayanan dapat diukur
dengan menggunakan lima dimensi penilaian meliputi, fasilitas berwujud,
kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. Penelitian ini dilakukan dengan
tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap
pelayanan instalasi farmasi di Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang di era
pandemi. Metode penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.
Kepuasan pasien dinilai menggunakan kuisioner berdasarkan lima dimensi
kualitas pelayanan dengan sampel penelitian 100 pasien BPJS di Instalasi Farmasi
Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang. Berdasarkan perhitungan tingkat
kepuasan pasien terhadap indikator kehandalan sebesar 76% memberikan nilai
puas, indikator ketanggapan sebesar 59% memberikan nilai cukup puas, indikator
fasilitas bewujud sebesar 57,4% memberikan nilai cukup puas, indikator jaminan
sebesar 57,8% memberikan nilai cukup puas, indikator empati sebesar 58,7%
memberikan nilai cukup puas. Persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien BPJS
rawat jalan secara keseluruhan adalah 61,68% yakni puas.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, RSBT Pangkal pinang
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi |
Depositing User: | libffs libffs libffs |
Date Deposited: | 02 Apr 2023 11:00 |
Last Modified: | 02 Apr 2023 11:00 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22101 |
Actions (login required)
View Item |