Santri, Nova dan Fauziyah, Siti (2022) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI DI RS MUHAMMADIYAH PALEMBANG PERIODE JANUARI-FEBRUARI 2022. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Preview |
Text
FS03-220252.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kepuasan seorang pasien dapat dijadikan tolak ukur untuk mengetahui
kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit atau instalasi farmasi Rumah
Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS
terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi Rumah Sakit Muhammadiyah
Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif noneksperimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability
sampling dengan metode survei. Hasil kepuasan yang didapat dari 353 responden
yang menerima pelayanan kefarmasin di RS Muhammadiyah Palembang
menunjukan tingkat kepuasan berdasarkan 5 dimensi yaitu, untuk dimensi
kehandalan (Reliability) sebesar 76,21% yakni sangat puas, dimensi ketanggapan
(Responsiveness) sebesar 87,39% yakni sangat puas, dimensi empati (Emphaty)
sebesar 84,44% yakni sangat puas, dimensi jaminan (Assurance) sebesar 81,09%
yakni sangat puas, dan dimensi fasilitas berwujud (tangibles) sebesar 81,09%
yakni sangat puas. Dengan nilai rata-rata keseluruhan yang diperoleh yaitu
83,16%. Skor tersebut berada pada interval 76%-100% dengan kategori sangat
puas.
Kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, BPJS
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi |
Depositing User: | libffs libffs libffs |
Date Deposited: | 02 Apr 2023 10:42 |
Last Modified: | 02 Apr 2023 10:42 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21877 |
Actions (login required)
View Item |