Alfiansyah, Denny dan Maifitrianti, Maifitrianti dan Nurhasnah, Nurhasnah (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RSPI PROF. DR. SULIANTI SAROSO PERIODE NOVEMBER - DESEMBER 2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Preview |
Text
FS03-220241.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan merupakan faktor yang harus di perhatikan rumah
sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan dapat dinilai dari
tingkat kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan perasaan senang yang
muncul dalam diri seseorang setelah mendapat pelayanan yang diterima. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan
terhadap pelayanan kefarmasian di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso. Penelitian ini
merupakan penelitian non eksperimental dengan jenis penelitian analisa
deskriptif. Penelitian dilakukan di Instalasi Farmasi RSPI Prof. Dr. Sulianti
Saroso pada bulan November – Desember 2021 sampel dipilih secara simple
random sampling pada 400 responden pasien rawat jalan. Instrumen penelitian
berupa kuisoner, untuk mengukur 5 dimensi kepuasan. Hasil penelitian
menunjukkan untuk rata-rata tingkat kepuasan pasien rawat jalan BPJS terhadap
pelayanan instalasi farmasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso pada Tangible 80,35%,
Realibility 78%, Responsiveness 78%, Assurance 83%, Emphaty 79% dan ratarata kepuasaan pasien berdasarkan keseluruhan dimensi yakni dalam kategori puas
dengan persentase 79%.
Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, BPJS
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi |
Depositing User: | libffs libffs libffs |
Date Deposited: | 02 Apr 2023 10:40 |
Last Modified: | 02 Apr 2023 10:40 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21853 |
Actions (login required)
View Item |