Pengaruh Kebijakan Deviden dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Salsabila, Khalisha (2021) Pengaruh Kebijakan Deviden dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1702025025_Khalisha Salsabila.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1702025025_Khalisha Salsabila.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Kebijakan Deviden, Keputusan Investasi, Nilai Perusahaan memiliki pengaruh terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur subsektor Kosmetik dan barang keperluan rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian kali ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling yaitu pemilihan sampel menggunakan kriteria tertentu. Dari seluruh populasi yang berjumlah 7 perusahaan, terdapat 6 perusahaan yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan sehingga data penelitian berjumlah 30 observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi karena data yang dikumpulkan berupa data-data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan, jurnal penelitian terdahulu beserta literatur lain yeng berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan program perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kebijakan dividen secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi bernilai positif yaitu 14,598 dan nilai dari interpretasi p-value dalam uji t yaitu sebesar 0.00 < 5% sehingga H01 ditolak. Variabel keputusan investasi secara parsial tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi keputusan investasi yang bernilai positif sebesar 0.21 dan nilai dari interpretasi p-value dalam uji t yaitu sebesar 0,550 > 5% sehingga H01 diterima. Variabel kebijakan dividen dan keputusan investasi, secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Nilai Perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0.00, yang dimana nilai tersebut lebih rendah dari tingkat signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel independen dalam model regresi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Hasil uji f menunjukan bahwa kebijakan dividen dan keputusan investasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Prob(F-statistic) sebesar 0.00 < 5% sehingga H04 ditolak. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan nilai Adjusted R-Squared sebesar 0.709. Hal ini menjelaskan bahwa seluruh variabel independen dalam model prediksi dapat menjelaskan sebesar 70,9% dari Nilai Perusahaan, sedangkan sisanya yaitu 29,1% dapat dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar model prediksi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:43
Last Modified: 23 Feb 2023 03:45
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21660

Actions (login required)

View Item View Item