Pengaruh Pemahaman Pajak, Kesadaran Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Cibitung

Nurjanah, Widia (2021) Pengaruh Pemahaman Pajak, Kesadaran Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Cibitung. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015073_ Widia Nurjanah.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015073_ Widia Nurjanah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh pemahaman pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Cibitung, untuk mengetahui pengaruh kesadaran pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Cibitung, dan untuk mengetahui pengaruh sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Cibitung. Variabel dalam penelitian ini adalah pemahaman pemahaman pajak (X1), kesadaran pajak (X2), sanksi pajak (X3), dan kepatuhan wajib pajak (Y). Jenis penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 100 di KPP Pratama Cibitung. Data yang digunakan adalah dataprimer dengan teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemahaman pajak memiliki pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Berikutnya kesadaran pajak memiliki pengaruh terhadap kepatuhan pajak. Selanjutnya sanksi pajak memiliki pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Dan yang terakhir adalah pemahaman pajak, kesadaran pajak, dan sanksi pajak memiliki pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak secara simultan. Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat pada koefisien determinasi menampilkan nilai R Square sebesar 0,709 atau sebesar 70,9%. Artinya pada penelitian ini sebaram variabel Pemahaman Pajak, Kesadaran
Pajak, dan Sanksi Pajak dijelaskan oleh Kepatuhan Wajib Pajak sebesar 70,9%. Sisanya 20,1% tidak dapat dijelaskan oleh variabel bebas pada penelitian ini atau di luar penelitian ini.
Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas cakupan penelitian dengan meningkatkan tujuan penelitian, seperti penelitian tidak hanya di KPP Pratama di wilayah yang kecil tetapi juga di KPP daerah, serta meningkatkan variabel dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:34
Last Modified: 23 Feb 2023 01:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21645

Actions (login required)

View Item View Item