Azzumar, Tiara Syifa dan Hariyanti, Hariyanti dan Rachmania, Rizky Arcinthya (2020) STUDI IN SILICO SENYAWA POLIFENOLIK EKSTRAK METANOL DAUN GALOBA MERAH (Alpinia zerumbet) TERHADAP RESEPTOR 5- LIPOKSIGENASE (5-LOX) SEBAGAI ANTI-INFLAMASI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Preview |
Text
FS03-210212.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ekstrak metanol daun galoba merah (Alpinia zerumbet) memiliki efek antiinflamasi pada reseptor 5-lipoksigenase, sebuah enzim yang berperan dalam
biosintesis leukotrien yang merupakan mediator reaksi inflamasi. Penelitian ini
bertujuan memprediksi senyawa polifenolik ekstrak metanol daun galoba merah
yang memiliki afinitas terbaik terhadap reseptor 5-lipoksigenase secara in silico
melalui metode simulasi penambatan molekul untuk memprediksi senyawa dengan
afinitas terbaik dengan perangkat lunak AutoDock 4.2 dan simulasi dinamika
molekul untuk memprediksi kestabilan senyawa dalam kondisi fisiologis tubuh
tiruan dengan perangkat lunak Gromacs 5.1.2 dengan nilai binding energy sebagai
parameter akhirnya. Hasil binding energy simulasi penambatan molekul zileuton
sebagai pembanding yaitu -4,31 kkal/mol dan senyawa uji terbaik yaitu diosmetin
-4,95 kkal/mol dan genistein -4,53 kkal/mol. Hasil binding energy simulasi
dinamika molekul pada zileuton sebesar -15,269 kkal/mol, diosmetin 176,8088
kkal/mol, dan genistein 565,6195 kkal/mol. Dapat disimpulkan bahwa senyawa uji
diosmetin dan genistein memiliki afinitas yang rendah terhadap reseptor 5-
lipoksigenase dibandingkan dengan zileuton sebagai obat pembanding.
Kata Kunci: inflamasi, 5-LOX, Alpinia zerumbet, penambatan molekul, AutoDock,
dinamika molekul, Gromacs
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi |
Depositing User: | libffs libffs libffs |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 08:32 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 08:32 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21506 |
Actions (login required)
View Item |