Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Indonesia (Studi Literatur)

Khairunnisa, Syifa (2020) Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Indonesia (Studi Literatur). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1605015167_SYIFA KHAIRUNNISA.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1605015167_SYIFA KHAIRUNNISA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyakit diare merupakan penyakit endemis di Indonesia. Kejadian diare di Indonesia merupakan penyakit berpotensi menyebabkan Kejadian Luar Biasa (KLB) bahkan sering disertai dengan kematian, khususnya menjadi penyebab kematian kedua pada balita di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merangkum faktor – faktor yang berhubungan dengan kejadian diare pada balita di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Literatur dikumpulkan dengan melakukan penelusuran pustaka menggunakan Google Scholar, GARUDA Garda Rujukan Digital, Directory of Open Access Journals (DOAJ), dan Indonesia OneSearch, dengan jumlah 214 artikel. Berdasarkan seleksi kriteria inklusi (artikel yang memiliki variabel independen adalah kejadian diare pada balita dan tempat penelitian dalam artikel adalah wilayah kerja puskesmas atau seluruh daerah yang ada di Indonesia) dan eksklusi (artikel kesehatan yang dipublikasi di bawah tahun 2010) diperoleh 45 artikel. Hasil telaah terhadap literatur menunjukkan ada hubungan signifikan antara faktor pendidikan, faktor pengetahuan, faktor kebiasaan cuci tangan, faktor pemberian ASI eksklusif, faktor pengolahan makanan dan minuman, faktor sumber air bersih, dan faktor sarana jamban dengan kejadian diare pada balita di Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Balita, Diare, Pengetahuan Ibu, Pendidikan Ibu, Perilaku Ibu, Kebiasaan Cuci Tangan, Higiene Makanan, Sumber Air Bersih, Sarana Jamban
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 20 Feb 2023 06:34
Last Modified: 20 Feb 2023 06:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21498

Actions (login required)

View Item View Item