Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Suspek Gastritis Pada Santri Tingkat Akhir Pondok Pesantren Modern Darel Azhar Tahun 2020

Nurrahma, Laila (2020) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Suspek Gastritis Pada Santri Tingkat Akhir Pondok Pesantren Modern Darel Azhar Tahun 2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1605015161_LAILA NURRAHMA.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1605015161_LAILA NURRAHMA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Presentase kejadian gastritis di Indonesia menurut WHO adalah 40,8%. Di kalangan santri, Gastritis merupakan penyakit dengan prevalensi tertinggi dibandingkan penyakit lainnya. Stres, pengetahuan dan sikap santri terhadap gastritis merupakan faktor penyebab terjadinya gastritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Kejadian Suspek Gastritis pada santri tingkat akhir di Pondok Pesantren Modern Darel Azhar tahun 2020. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Cross-Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri tingkat akhir sejumlah 112 santri. Sampel dalam penelitian ini merupakan semua populasi. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil: Prevalensi kejadian suspek gastritis pada santri adalah 56,2%. Variabel Stres (Pvalue = 0,594), Pengetahuan (Pvalue = 0,119), dan Sikap (Pvalue = 0,240) tidak terdapat hubungan dengan kejadian suspek gastritis. Variable yang berhubungan dengan kejadian suspek gastritis adalah Jenis Kelamin (Pvalue = 0,026). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara stress, pengetahuan, dan sikap dengan kejadian suspek gastritis pada santri tingkat akhir. Diharapkan pondok pesantren menambah pengetahuan santri perempuan dalam pengaturan pola makan dan menyediakan pos kesehatan pesantren.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Suspek Gastritis, Santri tingkat akhir, Stres
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:04
Last Modified: 17 Feb 2023 07:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21404

Actions (login required)

View Item View Item