Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Kampus A Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Tahun 2020

Tristianingsih, Julia (2020) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Kampus A Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Tahun 2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1605015160_JULIA TRISTIANINGSIH.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1605015160_JULIA TRISTIANINGSIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tidur yang berkualitas adalah kebutuhan dasar manusia namun pada mahasiswa kebutuhan tidur akan terganggu karena tugas sebagai mahasiswa dan gaya hidup yang berubah. Apabila kualitas tidur tidak terpenuhi atau mengalami gangguan berpengaruh pada menurunnya kualitas hidup seseorang serta menurunnya fungsi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas tidur pada mahasiswa Kampus A Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka tahun 2020. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan teknik pengambilan sampel proportional stratified random sampling. Populasi penelitian ialah seluruh mahasiswa Kampus A UHAMKA dengan sampel 117 mahasiswa. Data yang digunakan ialah data primer dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk g-form. Analisis data menggunakan uji chisquare. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan penggunaan gawai(p=0,000), aktivitas fisik (p=0,000), dan stress (p=0,001) dengan kualitas tidur. Sedangkan tidak ada hubungan antara jenis kelamin (p= 0,313) dengan kualitas tidur. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan perlunya mahasiswa menjadwalkan waktu tidur, mengatur aktivitas fisik, mengatur manajemen stress, dan mengontrol waktu penggunaan gadget.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan gawai, aktivitas fisik, stress, kualitas tidur
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 17 Feb 2023 06:55
Last Modified: 17 Feb 2023 06:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21401

Actions (login required)

View Item View Item