Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google Slide dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Luas Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar

Monica, Thia dan Pramudiani, Puri (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google Slide dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Luas Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2). pp. 2228-2239.

[thumbnail of 1457-Article Text-9872-1-10-20220727.pdf]
Preview
Text
1457-Article Text-9872-1-10-20220727.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan dampak sangat besar dalam dunia pendidikan. Salah satu bentuk dari kemajuan teknologi tersebut yaitu dengan hadirnya berbagai aplikasi yang mendukung proses pembelajaran daring maupun luring. Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan multimedia interaktif berbasis Google Slide dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pentingnya multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis berdasarkan aspek interpretasi, analisis, inferensi, penjelasan, dan regulasi diri dapat menjadikan siswa lebih aktif ketika pembelajaran berlangsung dikelas maupun jarak jauh. Pada penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar media dapat dikembangkan melalui validasi ahli media dan materi. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi dan kuesioner dengan instrumen penelitian uji validasi ahli media dan materi berupa angket skala likert 1 sampai 5 yang memuat analisis deskriptif kuantitatif dan persentase. Target yang ditujukan kepada siswa kelas IV SDN Kebayoran Lama Selatan 03. Penelitian pengembangan ini menghasilkan multimedia interaktif berbasis Google Slide untuk pelajaran Matematika dan dikembangkan dengan 2 tahap yaitu, menyiapkan proses berbentuk materi atau bahan pembelajaran dan membuat rancangan Google Slide dengan menggunakan template paling menarik. Hasil uji validasi ahli materi menghasilkan persentase sebesar 92% dengan kategori sangat baik serta hasil validasi dosen ahli media menerangkan sangat baik dengan persentase sebesar 95%. Respon peserta didik menerangkan bahwa kevalidan rata-rata 4,5 dengan persentase 91%. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan multimedia interaktif berbasis Google Slide dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa materi luas bangun datar kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Puri Pramudiani
Date Deposited: 13 Feb 2023 18:47
Last Modified: 13 Feb 2023 18:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21063

Actions (login required)

View Item View Item