Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi

Yuliani, Sindy (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015071_SINDY YULIANI.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015071_SINDY YULIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari profitability, capital intensity, Corporate Social Responsibility, komisaris independen dan kepemilikan saham institusional terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanasi dengan variabel independen profitability yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA), capital intensity, CSR, komisaris independen dan kepemilikan saham institusional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu data sekunder dengan menggunakan laporan keuangan sampel melalui web Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan website perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel profitability yang diproksikan dengan ROA berpengaruh negatif terhadap tax avoidance variabel capital intensity, dan CSR berpengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan untuk variabel komisaris independen dan kepemilikan saham institusional tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Secara bersama-sama atau simultan variabel profitability yang diproksikan dengan ROA, capital intensity, CSR, komisaris independen dan kepemilikan saham institusional berpengaruh terhadap tax avoidance.
Dengan demikian kontribusi dari penelitian ini yaitu sebaiknya perusahaan lebih bijak dalam mengambil keputusan mengenai faktor CSR dan capital intensity agar tanggung jawa baik untuk perusahaan, sosial dan negara terpenuhi secara merata serta untuk faktor profitabilitas sebaiknya perusahaan dengan tingkat profitabilitas tinggi untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan agar profitabilitas yang diharapkan tercapai serta tanggung jawab terhadap pembayaran pajak pun dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 11 Feb 2023 08:14
Last Modified: 11 Feb 2023 08:14
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20883

Actions (login required)

View Item View Item