Pengaruh Total Aset, Tingkat Solvabilitas Dan Ukuran Kap Terhadap Audit Delay

Mulyanika, Suci (2021) Pengaruh Total Aset, Tingkat Solvabilitas Dan Ukuran Kap Terhadap Audit Delay. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015002_Suci Mulyanika.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015002_Suci Mulyanika.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh total aset, tingkat solvabilitas dan ukuran KAP terhadap audit delay (studi pada perusahaan farmasi yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2015 – 2019).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanasi, dimana variabel yang diteliti adalah total aset, tingkat solvabilitas dan ukuran KAP sebagai variabel independen dan Audit Delay sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Adapun teknik pemilihan sampel menggunakan judgment sampling dan diproleh sampel sebanyak 7 perusahaan, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen, yang dimana menelaah laporan keuangan yang di ambil dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dari ke -7 perusahaan yang menjadi sampel dan teknik pengelolaan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi dan analisis regresi linier berganda.
Pengolahan data menggunakan SPSS 26 dan diproleh persamaan regresi linier berganda Y = 0,029 + 0,257 X1 + -3,174 X2 + 0,027 X3, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas memiliki residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokorelasi,
maka model regresi yang diperoleh adalah Best Linier Unbiased Estimator (BLUE).
Analisis koefisien korelasi diperoleh sebesar 8,8%, menunjukkan bahwa hubungan antara variabel total aset, tingkat solvabilitas dan ukuran KAP dengan variabel audit delay adalah cukup kuat. Analisis koefisien determinasi dengan menggunakan Adjusted R Square menunjukkan bahwa variabel total aset, tingkat solvabilitas dan ukuran KAP dapat dijelaskan 8,8%, variasi variabel audit delay, sedangkan sisanya 91,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Pengujian hitopesis secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh total aset, tingkat solvabilitas dan ukuran KAP terhadap audit delay tidak terdapat pengaruh, dengan signifikansi 0,969 > 0,050, pengujian secara parsial antara variabel tingkat solvabilitas terhadap audit delay tidak terdapat pengaruh, dengan signifikansi -0,148 > 0,050, pengujian secara parsial antara variabel ukuran KAP terhadap audit delay tidak terdapat pengaruh, dengan signifikansi 0,745 > 0,050.
Berdasarkan penjelasan di atas disarankan kepada perusahaan farmasi, yang menjadi sampel dalam penelitian, untuk menghindari terjadinya audit delay harus memperhatikan komposisi – komposisi dari total aset, solvabilitas dan ukuran KAP dalam penelitian ini secara parsial tidak berpengaruh yang signifikan terhadap audit delay.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:53
Last Modified: 10 Feb 2023 07:53
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20725

Actions (login required)

View Item View Item