Pengaruh Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020

Fathian Nur, Alif (2021) Pengaruh Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015013_ALIF FATHIAN NUR.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015013_ALIF FATHIAN NUR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komisaris independen, kepemilikan institusional, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Discretionary accrual sebagai proksi manajemen laba. Sampel penelitian sebanyak 10 perusahaan pertambangan yang dipilih menggunakan purposive sampling dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial komisaris independen dan profitabilitas berpengaruh positif secara signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan kepemilikan institusional, leverage, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Adapun hasil secara simultan komisaris independen, kepemilikan institusional, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap manajemen laba dan dengan nilai Adjusted R Square sebesar 58,1% dan 41,9% dijelaskan oleh variabel lain seperti kepemilikan manajerial, pertumbuhan penjualan, kepemilikan saham publik, cash holding dan variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 09 Feb 2023 11:13
Last Modified: 09 Feb 2023 11:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20566

Actions (login required)

View Item View Item