Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Lq-45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Irawan, Karina (2020) Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Lq-45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1602015083_ Karina Irawan.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1602015083_ Karina Irawan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh current ratio, debt to equity ratio, return on equity, dan net profit margin terhadap pertumbuhan laba.
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Variabel dalam penelitian ini adalah current ratio (X1), debt to equity ratio (X2), return on equity (X3), net profit margin (X4), dan pertumbuhan laba (Y). Populasi penelitian ini adalah perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 9 (sembilan) perusahaan selama tahun 2015-2019 sebagai sampel.
Teknik pengambilan data yang digunakan adalah telaah dokumen yaitu menelaah laporan keuangan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI) (www.idx.co.id) dan website resmi 9 (sembilan) perusahaan sampel. Teknik pengolahan menggunakan SPSS 25 dan analisis data yang digunakan adalah uji analisis akuntansi, analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel current ratio berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05. Debt to equity ratio berpengaruh tidak signifikan
terhadap pertumbuhan laba hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,100 > 0,05. Return on equity berpengaruh tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,452 > 0,05. Net Profit margin berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan 0,009 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel current ratio, debt to equity ratio, return on equity dan net profit margin berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba dengan nilai signifikansi 0,037 < 0,05.
Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,143, hal ini disimpulkan bahwa kemampuan variabel current ratio, debt to equity ratio, return on equity, dan net profit margin untuk menjelaskan variabel pertumbuhan laba sebesar 14,3% sedangkan sisanya 85,7% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel independen lain yang berhubungan dengan pertumbuhan laba seperti rasio keuangan, tingkat penjualan, tingkat inflasi, dan pertumbuhan ekonomi untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:47
Last Modified: 06 Feb 2023 07:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20257

Actions (login required)

View Item View Item