Romadlan, Said dan Fauziah, Izzmy (2022) Konstruksi Realitas Media Online Mengenai Kekerasan Aparat Kepolisian di Desa Wadas, Jawa Tengah. JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA, 26 (1). pp. 53-70. ISSN ISSN: 1978-5003 e-ISSN: 2407-6015
Preview |
Text
artikel JSKM kominfo 2022 wadas-published.pdf - Published Version Download (510kB) | Preview |
Abstract
Sebuah realitas pada dasarnya merupakan hasil konstruksi yang menyebabkan realitas menjadi berwajah
banyak (multi reality). Hal ini karena adanya kepentingan-kepentingan dari berbagai pihak terutama pihak
media. Salah satunya dalam peristiwa kekerasan aparat kepolisian di Desa Wadas, Jawa Tengah. Media
mengonstruksi realitas tersebut secara berbeda karena adanya kepentingan yang berbeda. Artikel ini
memfokuskan kajiannya mengenai bagaimana media online mengonstruksi peristiwa kekerasan aparat
kepolisian di desa Wadas? Metode penelitian yang digunakan adalah metode Framing Robert N. Entman,
yang menitikberatkan pada pemilihan dan penonjolan suatu isu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Kompas.com mengonstruksi peristiwa kekerasan aparat Kepolisian di Desa Wadas sebagai pengamanan
pengukuran tanah di Desa Wadas. Sedangkan cnnindonesia.com mengonstruksi peristiwa tersebut sebagai
tindakan represif aparat Kepolisian terhadap warga Desa Wadas. Faktor organisasi media yang memengaruhi
konstruksi Kompas.com maupun cnnindonesia.com adalah faktor organisasi media yang meliputi tujuan,
peran, struktur organisasi, dan kontrol kekuasaan organisasi. Hasil penelitian ini memperkuat pandangan
mengenai framing bahwa suatu realitas yang sama dapat diberitakan (dikonstruksi) secara berbeda oleh
media yang berbeda karena kepentingan organisasi media yang berbeda.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Said Romadlan |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 04:26 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 04:26 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/19244 |
Actions (login required)
View Item |