Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Dalam Praktik Pelaporan Laporan Keuangan Stie Pertiwi

Pintolowati, Diah Ayu (2017) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Dalam Praktik Pelaporan Laporan Keuangan Stie Pertiwi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1402027002_ Diah Ayu Pintolowati.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1402027002_ Diah Ayu Pintolowati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi dalam Praktik Pelaporan Laporan Keuangan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan intelektual terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuangan pada STIE Pertiwi Bekasi.
Penelitian ini menggunakan data primer yaitu memperoleh data dengan cara menyebar kuisioner kepada mahasiswa akuntansi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pertiwi Bekasi. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda , analisis akuntansi dan dilanjutkan dengan uji statistik uji t, uji F, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah data diolah menggunakan alat hitung statistik regresi berganda dengan SPSS versi 24.0. Hasil dari pengolahan data diperoleh persamaan regresi linear berganda Ŷ = 0,350 + 0,44X1 + 0,449X2 yang telah diuji kelayakan asumsi normalitas terdistribusi normal serta tidak terjadi heterokedastisitas, tidak terjadi multikolinearitas dan tidak terjadi autokorelasi baik positif maupun negatif.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional (X1) terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuagan (Y)
thitung sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (3,599 > 1,984) yang berarti bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuangan.
Sedangkan pengaruh kecerdasan intelektual terhadap mahasiswa akuntansi dalam praktik laporan keuangan menunjukkan nilai thitung sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (3,602 > 1,984) yang berarti bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh positif terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuangan.
Dari hasil uji F secara simultan bahwa nilai Fhitung 49,807 > Ftabel sebesar 3,09 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dengan demikian bahwa kedua variabel yaitu kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuangan.
Pengujian koefisien determinasi sebesar R Square 0,507 artinya 50,7% variabel perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuangan dapat dijelaskan oleh variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual adalah sebesar 0,507% sedangkan sisanya 49,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:50
Last Modified: 10 Oct 2023 06:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18973

Actions (login required)

View Item View Item