Lestari, Septiningsih Rizki dan Priyanto, Priyanto dan Islam, Zainul (2018) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KECAMATAN GAMBIR. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Preview |
Text
S03-190201 (Septiningsih Rizki Lestari 2018).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang
menyelenggarakan upaya kesehatan. Pemberian pelayanan yang baik akan
berdampak terhadap jumlah kunjungan pasien yang semakin meningkat. Untuk
mengevaluasi tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di
Puskesmas Kecamatan Gambir, dilakukan penelitian dengan metode deskriptif
dengan pendekatan Cross sectional, data diambil dengan memberikan kuesioner
kepada 100 pasien BPJS yang menggunakan jasa pelayanan kefarmasian di
Puskesmas Kecamatan Gambir dengan secara acak atau Simple random sampling,
data diolah dan dianalisis dengan Skala likert. Hasil penelitian didapatkan bahwa
pelayanan kefarmasian untuk peserta BPJS di Puskesmas Kecamatan Gambir
sudah memberikan kepuasan kepada pasien dengan presentase untuk dimensi
Jaminan 80,15%, Kehandalan 76,20%, Ketanggapan 83,05%, Fasilitas Berwujud
73,30% dan Empati 81,0%. Pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kecamatan
Gambir sudah puas dengan persentase 78,66%.
Kata Kunci: pelayanan kefarmasian, BPJS, kepuasan pasien
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi |
Depositing User: | libffs libffs libffs |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 04:48 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 04:48 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18379 |
Actions (login required)
View Item |