Pengaruh Sistem Pengendalian Intern dan Efektivitas Kerja terhadap Penerimaan Kas pada Hotel Bintang Tiga dan Empat di Wilayah Bogor

Trimulyati, Dewi (2020) Pengaruh Sistem Pengendalian Intern dan Efektivitas Kerja terhadap Penerimaan Kas pada Hotel Bintang Tiga dan Empat di Wilayah Bogor. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1302025041_Dewi Trimulyati.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1302025041_Dewi Trimulyati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pengendalian intern dan efektivitas kerja terhadap penerimaan kas pada hotel bintang tiga dan empat di wilayah Bogor. Sampel terpilih sebanyak 6 (enam) hotel dengan jumlah responden 45 (empat puluh lima) orang. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner.
Teknik Pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis pengolahan data, analisis statistik deskriptif, uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji parsial/uji t dan uji simultan/uji f), dan uji koefisien determinasi. Hasil dari pengolahan data menggunakan SPSS versi 22 dan diperoleh persamaan regresi linier berganda :
Ŷ = 4.347+ 0,371X1 + 0,459X2.
Hasil pengujian Uji t menunjukkan bahwa variabel sistem pengendalian intern berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan kas dengannilai thitung > ttabel (3,050 >1,681)dengan signifikansi (0,004 < 0,05). Kemudian variabel efektivitas kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan kasdengan nilai thitung> ttabelsebesar (4,139>1,681)dengan signifikansi (0,000 < 0,05). Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) ketiga variabel independen tersebut yaitu sistem pengendalian intern dan efektivitas kerja
berpengaruh signifikan terhadap penerimaan kas dengan nilai ujiFhitung>Ftabel(67,432> 3,22) dan tingkat signifikansi sebesar (0,000 < 0,05).
Hasil analisis Adjusted R Square menunjukkan bahwa pengaruh sistem pengendalian intern dan efektivitas kerja berpengaruh terhadap penerimaan kas, yaitu sebesar 75,10% dan sisanya sebesar 24,90% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi penelitian ini.
Berdasarkan penjelasan di atas penulis memberikan saran kepada perusahaan khususnya yang bergerak diperhotelan bisa melihat pentingnya suatu sistem pengendalian intern dan efektivitas kerja untuk meningkatkan penerimaan kas serta mencapai tujuan untuk meningkatkan keuntungan atau laba. Dengan adanya sistem pengendalian intern dan efektivitas kerja yang dijalankan secara konsisten dapat memaksimalkan penerimaan kas, sehingga dapat meminimalisir risiko kecurangan para karyawan dalam hal keuangan (uang perusahaan) yang dapat merugikan perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:05
Last Modified: 10 Oct 2023 06:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18206

Actions (login required)

View Item View Item