Soebagyo, Joko Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Antara SiswaYang Belajar Dengan Pemanfaatan WKA Menggunakan Strategi Scaffolding dengan Siswa Yang Belajar Menggunakan Pembelajaran Konvensionaldi SMA Negeri Jakarta Utara. STRATEGI MENGEMBANGKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS RISET UNSWAGATI.
Preview |
Text
Joko Soebagyo.pdf Download (434kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemahaman matematis antara siswa dengan pemanfaatan web Khan Academy menggunakan strategi Scaffolding dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pembelajaran konvensional pada siswa SMAN Jakarta Utara. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri di Jakarta Utara. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA dengan sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) di SMA Negeri di Jakarta Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemahaman matematis. Tahapan penelitian dimulai dengan observasi di SMA Negeri Jakarta Utara, wawancara dengan sekolah sampel, perencanaan pembelajaran, pembuatan instrumen, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan tes. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif pada data hasil tes akhir untuk melihat perbedaan rerata antara kedua kelompok sampel di satu sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pemanfaatan web Khan Academy menggunakan strategi Scaffolding dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > DK Russia. Soviet Union. Former Soviet Republics |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Dr Joko Soebagyo |
Date Deposited: | 17 Aug 2020 13:08 |
Last Modified: | 17 Aug 2020 13:08 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1820 |
Actions (login required)
View Item |