Pengaruh Account Representative dan E-Filing terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Dua

Fazriani, Esti (2017) Pengaruh Account Representative dan E-Filing terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Dua. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1202025065_Esti Fatriani.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1202025065_Esti Fatriani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Account Representative dan e-Filing terhadap kepatuhan Wajib Pajak baik secara parsial atau pun secara simultan pada KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Dua.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Account Representative dan e-Filing” sebagai variabel dependen serta “kepatuhan Wajib Pajak” sebagai variabel independen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan purposive sampling yaitu penetapan sampel berdasarkan kriteria tertentu, maka sampel yang digunakan adalah 1 (satu) KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Dua yang telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Sedangkan data yang digunakan berupa data primer yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner pada Wajib Pajak di KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Dua yang berjumlah 74 responden. Teknis analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan SPSS 22.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Account Representative memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak, hal tersebut dibuktikan dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05, dan nilai thitung 6,527 > ttabel 1,666, sedangkan e-Filing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak, hal tersebut dibuktikan dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,011 < 0,05, dan nilai thitung 2,617 > ttabel 1,666. Adapun secara simultan, menunjukkan bahwa Account Representative dan e-Filing secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak, hal tersebut dibuktikan dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05, dengan nilai Fhitung sebesar 34,797 > Ftabel 3,13. Sedangkan kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat pada nilai Adjusted R Square (Adjusted R2) sebesar 0,481, yang artinya adalah 48,1% variabel dependen kepatuhan Wajib Pajak dijelaskan oleh variabel independen Account Representative dan e-Filing, dan sisanya sebesar 51,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini seperti Sistem Administrasi Perpajakan Modern (SAPM).
Dari hasil penelitian ini penulis memberikan beberapa saran bagi penelitian selanjutnya yaitu dalam penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan variabel-variabel lain selain variabel saatini yang mungkin dapat berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak seperti Sistem Administrasi Perpajakan Modern (SAPM) serta diharapkan dapat menambahkan atau memperbanyak sampel agar hasil penelitian lebih akurat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:52
Last Modified: 10 Oct 2023 04:45
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18178

Actions (login required)

View Item View Item