Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Social Marketing, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Membayar Zis Online di Dompet Dhuafa

Anis, Yola (2021) Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Social Marketing, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Membayar Zis Online di Dompet Dhuafa. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKIS_1702055036_ Yola Anis.pdf]
Preview
Text
FEB_EKIS_1702055036_ Yola Anis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pendapatan, social marketing, dan kepercayaan terhadap keputusan membayar ZIS online di Dompet Dhuafa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan eksplanatoris. Metode ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic 25.
Berdasarkan hasil uji regresi menunjukan bahwa variabel religiusitas nilai signifikan sebesar 0,867 dan t hitung 0,168, variabel pendapatan nilai signifikansi sebesar 0,604 dan t hitung 0,519, variabel social marketing nilai signifikansi sebesar 0,039 dan t hitung 2,078, variabel kepercayaan nilai signfikansi sebesar 0,000 dan t hitung 8,340. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel religiusitas dan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan membayar ZIS online di Dompet Dhuafa. Sedangkan variabel social marketing dan kepercayaan berpengaruh positif dan signfikan. Selain itu, hasil hipotesis dengan menggunakan uji statistik F menunjukan bahwa variabel
religiusitas , pendapatan, social marketing, dan kepercayaan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap keputusan membayar ZIS Online dengan nilai Fhitung > Ftabel (67.345 > 2,67) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.
Peneliti berharap kepercayaan masyarakat terhadap pengelola ZIS perlu ditingkatkan agar masyarakat berkomitmen membayar ZISnya melalui lembaga zakat, khususnya melalui Dompet Dhuafa . Dalam hal ini Dompet Dhuafa perlu melakukan sosialisasi yang lebih baik lagi, sehingga masyarakat lebih tertarik lagi untuk membayar ZIS di Dompet Dhuafa. Selain itu pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat dilanjutkan dengan objek dan sudut pandang yang berbeda sehingga dapat memperkaya kajian tentang ekonomi islam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 21 Jan 2023 06:38
Last Modified: 10 Oct 2023 03:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18126

Actions (login required)

View Item View Item