Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Lingkungan Kerja terhadap Preferensi Memiliki Rekening Bank Syariah pada Guru Yayasan Assaadah Jakarta Selatan

Hadiana, Fandi Putra (2020) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Lingkungan Kerja terhadap Preferensi Memiliki Rekening Bank Syariah pada Guru Yayasan Assaadah Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKIS_1602055023_ Fandi Hadiana.pdf]
Preview
Text
FEB_EKIS_1602055023_ Fandi Hadiana.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Lingkungan Kerja terhadap Preferensi Memiliki Rekening Bank Syariah Pada Guru Yayasan Assaadah Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini meliputi seluruh dewan guru yang ada di lembaga MI, MTs dan MA pada Yayasan Assaadaha Jakarta Selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yang artinya seluruh populasi dijadikan sampel. Metode analisis data yang digunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Secara parsial Literasi Keuangan Syariah (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Preferensi Memiliki Rekening Bank Syariah (Y). Secara parsial Lingkungan Kerja (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Preferensi Memiliki Rekening Bank Syariah (Y). Nilai adjusted R Square menunjukan sedikit kontribusi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yang dapat diterangkan pada model persamaan ini sebesar 0.317 atau 31.7% Hal ini menunjukan bahwa sedikit kontribusi pengaruh variabel Literasi Keuangan Syariah dan Lingkungan Kerja terhadap Preferensi Memiliki Rekening Bank Syariah Oleh sebab itu , disarankan kepada dewan guru Yayasan Assaadah untuk meningkatkan literasi keuangan syariah agar dapat menambah market share literasi keuangan syariah pada lingkungan kerja yang berbasis islam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:04
Last Modified: 10 Oct 2023 03:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18097

Actions (login required)

View Item View Item