Efektivitas Metode Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI SMA Budhi Warman II Jakarta

Marvella, Rafa Ayu dan Karnawati, Rita Agustina (2020) Efektivitas Metode Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI SMA Budhi Warman II Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of RAFA AYU MARVELLA.pdf]
Preview
Text
RAFA AYU MARVELLA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran scramble untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jepang pada siswa kelas XI SMA Budhi Warman II Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Budhi Warman II Jakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 berjumlah 30 siswa dan siswa kelas XI MIPA 3 berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan data, diketahui bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 71.27 dan kelas kontrol sebesar 70.47. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85.2 dan kelas kontrol sebesar 79.13. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t menggunakan rumus independent sample t-test program SPSS 22. Nilai thitung 5.905, df (0,025:58) hasil yang diperoleh untuk ttabel sebesar 2.002. Nilai posttest lebih tinggi dari nilai pretest atau thitung > ttabel (5.905 > 2.002). Nilai gain kelas eksperimen sebesar 48.3193 sedangkan kelas kontrol sebesar 27.5472. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran scramble efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jepang. Berdasarkan hasil angket, metode pembelajaran scramble yaitu menyenangkan saat proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan membaca kosakata bahasa Jepang, dan siswa lebih menyukai belajar bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:33
Last Modified: 10 Jul 2023 08:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17485

Actions (login required)

View Item View Item