ANALISIS KEPRIBADIAN ID, EGO, DAN SUPEREGO PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SEIBO KARYA AKIYOSHI RIKAKO (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Alwahyudin, Muhammad Rizky dan Seruni, Ayu Puteri (2020) ANALISIS KEPRIBADIAN ID, EGO, DAN SUPEREGO PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SEIBO KARYA AKIYOSHI RIKAKO (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA). Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of MUHAMMAD RIZKY ALWAHYUDIN.pdf]
Preview
Text
MUHAMMAD RIZKY ALWAHYUDIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Membaca Novel bukan hanya mambaca isinya saja. Tetapi agar isinya lebih dinikmati kita pun juga harus memahami bagaimana karakter yang ada di tokoh dalam sebuah cerita. Baik dari segi eksternal maupun internal. Internal yang dimaksud adalah kepribadian pada tokoh yang ada pada novel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepribadian id, ego, dan superego pada tokoh utama dalam novel seibo Karya Akiyoshi Rikako. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi. Hasil dari analisis yang ada, ditemukan kepribadian id, ego, dan superego pada tokoh utama novel Seibo karya Akiyoshi Rikako. Ego lebih mendominasi kepribadian utama yang menyebabkan beberapa dari nilai-nilai superego yang ada terlupakan. Dengan begitu, seluruh keinginan dari aspek id hampir semua tersalurkan oleh ego yang lebih kuat disbanding kepribadian yang lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:33
Last Modified: 10 Jul 2023 08:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17481

Actions (login required)

View Item View Item