PENGARUH VLOG YOUTUBER “NIHONGO MANTAPPU” TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA JEPANG PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FKIP UHAMKA TAHUN AJARAN 2019/2020

Shabirah, Azizah Janan dan Utari, Retno (2020) PENGARUH VLOG YOUTUBER “NIHONGO MANTAPPU” TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA JEPANG PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FKIP UHAMKA TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of AZIZAH JANAN SHABIRAH.pdf]
Preview
Text
AZIZAH JANAN SHABIRAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Vlog adalah salah satu bentuk konten yang sangat dominan pada platform Youtube. Vlog juga bisa dikategorikan sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk memberikan materi, tugas dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Vlog YouTuber “Nihongo Mantappu” terhadap minat belajar bahasa Jepang pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, dan juga untuk mengetahui pendapat dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang terhadap konten belajar bahasa Jepang pada “Nihongo Mantappu”. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan kuesioner (angket). Data dari penelitian ini adalah tentang bahasa Jepang (Kanji, Hiragana, Katakana, Romaji, Kosakata, Gramatika bahasa Jepang). Sumber data dari penelitian ini adalah Vlog “Nihongo Mantappu”. Hasil dari penelitian ini adalah 92.6% mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang setelah belajar bahasa Jepang melalui vlog "Nihongo Mantappu", mereka merasa semakin minat dalam belajar bahasa Jepang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Vlog YouTuber “Nihongo Mantappu” berpengaruh dan dapat menarik minat belajar bahasa Jepang pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:33
Last Modified: 10 Jul 2023 08:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17475

Actions (login required)

View Item View Item