EFEKTIVITAS METODE TPR (TOTAL PHYSICAL RESPONSE) TERHADAP PENGUASAAN KATA KERJA (DOUSHI) BAHASA JEPANG (KELAS XI SMAN 19 KAB.TANGERANG TAHUN 2020)

Septriani, Anggun dan Karnawati, Rita Agustina dan Natalia, Ana (2020) EFEKTIVITAS METODE TPR (TOTAL PHYSICAL RESPONSE) TERHADAP PENGUASAAN KATA KERJA (DOUSHI) BAHASA JEPANG (KELAS XI SMAN 19 KAB.TANGERANG TAHUN 2020). Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of anggun septriani.pdf]
Preview
Text
anggun septriani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode TPR (Total Physical Response) terhadap Penguasaan Kata Kerja (doushi) Bahasa Jepang Kelas XI SMAN 19 Kab.Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian true experimental design dengan bentuk posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 19 Kab.Tangerang. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI BHS I sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 orang, dan kelas XI BHS II sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang. Hasil uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan penguasaan kata kerja bahasa Jepang antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan secara signifikan. Diketahui nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86,32 sedangkan kelas kontrol sebesar 78,00. Pada hasil uji ketuntasan individu menggunakan thitung diperoleh thitung (11,068)>ttabel (1,697), disimpulkan bahwa siswa yang menggunakan metode Total Physical Response mendapat nilai rata-rata tes penguasan kata kerja >70, sedangkan uji ketuntasan klasikal menggunakan Zhitung diperoleh Zhitung (1,93)>Ztabel(1,64), disimpulkan bahwa siswa yang memenuhi KKM secara klasikal berjumlah lebih dari 80%. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dikatakan bahwa metode pembelajaran TPR (Total physical response) efektif terhadap penguasaan kata kerja (doushi) bahasa Jepang. Berdasarkan hasil angket, metode pembelajaran TPR (Total physical response) yaitu menyenangkan, siswa menjadi lebih aktif, membantu siswa dalam mengingat, dan meningkatkan penguasaan kata kerja Bahasa Jepang.
Kata kunci: efektivitas, metode TPR (

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:33
Last Modified: 10 Jul 2023 08:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17473

Actions (login required)

View Item View Item