Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Take and Give Terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang (Pada Siswa Kelas X SMA Budhi Warman II Jakarta)

Sanjaya, Novtia Resiana dan Utari, Retno dan Natalia, Ana (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Take and Give Terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang (Pada Siswa Kelas X SMA Budhi Warman II Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of NOVTIA RESIANA SANJAYA.pdf]
Preview
Text
NOVTIA RESIANA SANJAYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Take and Give terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang pada siswa kelas X IPA 2 di SMA Budhi Wharman II Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas X IPA SMA Budhi Warman II jakarta. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 2 yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai pretest yaitu 1905 dengan nilai rata-rata 54,43 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 40. Lalu untuk nilai posttest diperoleh hasil 3292 dengan nilai rata-rata 94,05, dengan nilai tertinggi 99 dan nilai terendah 86. Pada uji hipotesis digunakan uji-t dengan menggunakan Paired Simple T-test diperoleh nilai sig(2-tailed) 0,000 ≤ 0,05 dengan taraf signifikansi 0,05 (α=5%) dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian uji keefektivitasan menggunakan Normalized Gain dengan diperoleh hasil 27,5. Hasil dari penelitian ini meyatakan bahwa menggunakan model pembelajran cooperative learning tipe Take and Give terhadap pembelajaran kosakata adalah efektif. Berdasarkan hasil angket, Model Pembelajaran Take and Give adalah siswa lebih semangat belajar bahasa Jepang, belajar bahasa Jepang lebih menyenangkan, siswa mudah menghapal kosakata dan lebih cepat memahami materi yang diberikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:32
Last Modified: 10 Jul 2023 08:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17468

Actions (login required)

View Item View Item