EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP PENGUASAAN HURUF HIRAGANA DI SMA BUDHI WARMAN 2 JAKARTA

Rudiawati, Irna dan Sudjianto, Sudjianto dan Sukmara, Rina (2019) EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP PENGUASAAN HURUF HIRAGANA DI SMA BUDHI WARMAN 2 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Irna Rudiawati.pdf]
Preview
Text
Irna Rudiawati.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Teknik Permainan Quick on
the Draw Terhadap Penguasaan Huruf Hiragana di SMA Budhi Warman 2 Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budhi Warman 2 tahun ajaran 2018-2019.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian true experimental design dengan
bentruk posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
IPA SMA Budhi Warman 2 Jakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI
IPA 1 berjumlah 42 siswa dan kelas XI IPA 2 berjumlah 43 siswa. Berdasarkan
hasil perhitungan, diketahui bahwa nilai posttest kelas ekspermen sebesar 80,70
sedangkan kelas kontrol sebesar 66,40. Pengujian hipotesis dilakukan dengan
menggunakan uji T rumus independet sampel t-test program SPSS 24 dengan
taraf signifikan p-valued < 0,05. Setelah dihitung dengan uji t didapatkan hasil
sebesar 0,000. Nilai normalized gain kelas eksperimen sebesar 29,2734 sedangkan
kelas kontrol -274,1792. Berdasarkan nilai tersebut dikatakan bahwa teknik
permainan Quick on the Draw efektif untuk penguasaan huruf hiragana Bahasa
Jepang. Berdasarkan respon siswa, teknik permainan Quick on the Draw
memotivasi, membantu meningkatkan dan mengingat huruf hiragana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:32
Last Modified: 10 Jul 2023 08:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17465

Actions (login required)

View Item View Item