ANALISIS KONTRASTIF IDIOM BAHASA JEPANG YANG MENGGUNAKAN KATA KOKORO (心) DENGAN IDIOM BAHASA INDONESIA YANG MENGGUNAKAN KATA HATI

Hafifah, Dita dan Sudjianto, Sudjianto dan Karnawati, Rita Agustina (2019) ANALISIS KONTRASTIF IDIOM BAHASA JEPANG YANG MENGGUNAKAN KATA KOKORO (心) DENGAN IDIOM BAHASA INDONESIA YANG MENGGUNAKAN KATA HATI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of DITA HAFIFAH.pdf]
Preview
Text
DITA HAFIFAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi untuk menyampaikan ide, pikiran, hasrat, dan keinginan kepada orang lain. Idiom adalah satuan bahasa yang maknanya tidak dapat tidak dapat ditarik dari gramatikal yang berlaku. Idiom digunakan untuk berkomunikasi yang memiliki banyak fungsi, contohnya memperhalus kata sebagai alternatif strategi berbahasa dengan tujuan agar lawan bicara tidak tersinggung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah makna apa saja yang terkandung dalam kanyouku bahasa Jepang yang terbentuk dari kata kokoro? Makna apa saja yang terkandung dalam idiom bahasa Indonesia yang terbentuk dari kata hati? Bagaimana persamaan dan perbedaan makna kanyouku bahasa Jepang yang terbentuk dari kata kokoro dengan idiom bahasa Indonesia yang terbentuk dari kata hati. Tujuan penelitian ini adalah yang pertama, untuk mengetahui makna yang terkandung dalam kanyouku bahasa Jepang yang terbentuk dari kata kokoro. Kedua, untuk mengetahui makna apa saja yang terkandung dalam idiom bahasa Indonesia yang terbentuk dari kata hati Yang terakhir, untuk mengetahui perbandingan makna yang ada diantara kanyouku bahasa Jepang yang terbentuk dari kata kokoro dan idiom bahasa Indonesia yang terbentuk dari kata hati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif- kontrastif, yaitu dengan mendeskripsikan atau menjabarkan makna yang terdapat dalam kanyouku kokoro dan idiom hati, kemudian dibandingkan untuk mencari persamaan dan perbedaan makna diantara keduanya. Sebagai hasil dari penelitian ini dari 30 data kanyouku kokoro dan 30 data idiom hati yang ditemukan, makna idiom menunjukan perasaan senang, sedih, khawatir, ada beberapa idiom yang menunjukan sifat dan tindakan. Tidak semua idiom kokoro jepang dapat mengantikan idom hati dan sebaliknya karena padanya perbedaan makna leksikal dan idiomatikal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:32
Last Modified: 10 Jul 2023 08:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17460

Actions (login required)

View Item View Item