PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART AND MATHEMATIC (STEAM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Nurhakiki, Euis dan Hartini, Tri Isti (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART AND MATHEMATIC (STEAM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Euis Nurhakiki.pdf]
Preview
Text
Euis Nurhakiki.pdf

Download (721kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Project Based Learing (PjBL) dengan pendekatan Science Technology Engineering Art and Mathematic (STEAM) terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design dengan jenis penelitian One-Grup Pretest-Posttes Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA SMA Negeri 2 Cibeber. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes keterampilan berpikir kreatif yang terdiri dari 5 soal uraian. Indikator yang diukur meliputi empat aspek yaitu berpikir terperinci (elaboration), berpikir luwes (flexibility), berpikir lancar (fluency), dan berpikir orisinil (originality). Hasil menunjukan rata-rata pretest siswa sebesar 45,70. Adapun rata-rata posttest memperoleh nilai 76,70. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung 3,927 > ttabel 2,435 yang berarti Ho ditolak. Dengan demikian penggunaan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Science Technology Engineering Art and Mathematic (STEAM) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dalam Pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:31
Last Modified: 10 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17429

Actions (login required)

View Item View Item