PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Fitri, Annisa dan Ramadhar, Yulia (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of ANNISA FITRI.pdf]
Preview
Text
ANNISA FITRI.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar
fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Jakarta pada semester 1 tahun ajaran
2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif
dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang
digunakan adalah teknik sampling jenuh.Pada uji validitas dengan menggunakan
Kolerasi Product Moment, sebanyak 25 soal uraian dengan 21 soal valid dan 4 soal
drop. Sedangkan uji realibilitas menggunakan rumus KR-21 memperoleh rhitung =
0,567 > rtabel 0,3961, maka data tersebut memiliki instrument yang
reliabel.Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan
menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh L0 0,141 < Lt 0,173, maka
dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas
dengan menggunakan dua varian atau uji fisher diperoleh pre-tes kelas kontrol dan
eksperimen Fhitung < Ftabel (1,23 < 1,98), sedangkan post test kelas kontrol dan
eksperimen Fhitung < Ftabel (1,07 < 1,98), maka dapat disimpulkan bahwa uji
homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen.Pada
uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh pre test kelas kontrol dan eksperimen thitung
< ttabel(0,02 < 2,065) hipotesis nol (H0) diterima. sedangkan post test kelas kontrol
dan eksperimen thitung > ttabel (4,62 >1,67) pada α = 0,05 hipotesis nol (Ha)
diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
pada hasil belajar yang mengacu pada berpikir kreatif siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 1 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:31
Last Modified: 10 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17425

Actions (login required)

View Item View Item